Beranda Headline Presiden Kongo Tunjuk Judith Suminwa sebagai Perdana Menteri Perempuan Pertama

Presiden Kongo Tunjuk Judith Suminwa sebagai Perdana Menteri Perempuan Pertama

Kberita.com, Jakarta – Presiden Republik Demokratik Kongo Felix Tshisekedi mengangkat Menteri Perencanaan Kongo Judith Suminwa Tuluka sebagai Perdana Menteri Kongo, Senin (1/4).

Penunjukkan Judith Suminwa sekaligus menjadi sejarah baru bagi Kongo untuk memiliki Perdana Menteri perempuan pertama sejak Republik Demokratik Kongo didirikan.

Tshisekedi secara resmi memenangkan pemilu pada Desember dengan 73,47% suara. Dia memiliki modal yang besar karena menguasai mayoritas suara di parlemen.

Meskipun begitu, Judith Suminwa memiliki tugas yang berat untuk mengerjakan prioritas program dari Tshisekedi yaitu masalah lapangan pekerjaan, pemuda, perempuan, dan persatuan nasional dari negara kedua terbesar di Benua Afrika itu.

“Tugasnya besar, tantangannya besar tetapi bersama-sama… kita akan mencapainya,” ungkap Judith seperti dikutip Al Jazeera.

Hingga saat ini, masyarakat Kongo masih hidup dalam bayang-bayang perpecahan, terutama di wilayah konflik seperti di Provinsi North Kivu.

Kongo juga sedang berusaha keluar dari berbagai masalah kesehatan yang mendera. Tshisekedi menjanjikan warga Kongo untuk mendapatkan pelayanan kesehatan pokok secara cuma-cuma.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini