Beranda Terkini Putin Menang Telak di Pilpres Rusia

Putin Menang Telak di Pilpres Rusia

Kberita.com, Moskow – Presiden Rusia Vladimir Putin menang telak di pemilu presiden (pilpres) Rusia yang berlangsung selama tiga hari hingga Minggu (17/3) kemarin.

Hasil awal menunjukan bahwa pria 71 tahun itu akan menjabat kembali sebagai presiden Rusia untuk masa jabatan enam tahun ke depan.

Pada Pilpres kali ini, Putin mengalahkan tiga kandidat lainnya. Kemenangannya melanjutkan kekuasaan yang dipegangnya selama beberapa dekade terakhir.

Ini pun memungkinkan dirinya menyalip Joseph Stalin sebagai pemimpin terlama di negeri itu, bahkan selama lebih dari 200 tahun. Mengingat tingkat harapan hidup warga Rusia sebesar 71,54 tahun, ia pun bisa jadi “presiden seumur hidup”.

Dikutip Reuters Senin (18/3/2024), Putin meraih suara 87,8%. Ini merupakan hasil tertinggi salam sejarah pasca Uni Soviet runtuh.

Hasil itu didapat dari jajak pendapat yang dilakukan oleh lembaga jajak pendapat Public Opinion Foundation (FOM). Penelitian Opini Publik Rusia (VCIOM) juga menempatkan Putin mendapat 87%.

Sementara itu, kandidat dari partai Komunis Nikolai Kharitonov berada di urutan kedua, dengan suara di bawah 4%. Pendatang baru Vladislav Davankov dan calon ultra nasionalis Leonid Slutsky masing-masing berada di urutan ketiga dan keempat.

Tingkat partisipasi pemilih secara nasional mencapai 74,22% ketika pemungutan suara ditutup, kata pejabat pemilu. Ini melampaui tingkat partisipasi pada tahun 2018 sebesar 67,5%.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini