Beranda Terkini Pertamina Tak Naikkan Harga BBM, Begini Alasannya!

Pertamina Tak Naikkan Harga BBM, Begini Alasannya!

Pertamina Tak Naikkan Harga BBM
Pertamina Tak Naikkan Harga BBM

Jakarta – Harga bahan bakar minyak (BBM) Pertamina tidak mengalami kenaikan per 1 Mei 2024, berbeda dengan penyedia BBM lainnya seperti Shell, Vivo, dan BP yang menaikkan harga.

Corporate Secretary Pertamina Patra Niaga, Irto Ginting, menjelaskan bahwa keputusan Pertamina untuk menahan harga jual BBM adalah sebagai bagian dari dukungan terhadap upaya pemerintah dalam menjaga stabilitas ekonomi.

“Penyesuaian harga BBM nonsubsidi memang mengikuti regulasi, namun pada situasi saat ini, kami mendukung upaya Pemerintah untuk menjaga stabilitas perekonomian,” ujarnya dalam pernyataan tertulis, Rabu (1/5/2024).

Irto menjelaskan bahwa penyesuaian harga BBM dilakukan secara berkala, biasanya setiap awal bulan, dengan mempertimbangkan pergerakan harga minyak mentah dunia, harga publikasi Mean of Platts Singapore (MOPS), dan nilai tukar rupiah terhadap dolar AS.

Keputusan tersebut merujuk pada Keputusan Menteri (Kepmen) ESDM No. 245.K/MG.01/MEM.M/2022 tentang formulasi harga JBU atau BBM nonsubsidi.

Meskipun harga minyak dunia menguat dan nilai tukar rupiah melemah, Pertamina tetap mempertahankan harga BBM-nya sebagai bagian dari dukungan terhadap kebijakan pemerintah.

“Meskipun harga minyak dunia naik dan nilai tukar rupiah melemah terhadap dolar AS, Pertamina melalui anak usahanya, PT Pertamina Patra Niaga, tidak menaikkan harga BBM nonsubsidi,” kata Irto.

Sebelumnya, Menteri ESDM Arifin Tasrif telah menegaskan bahwa harga BBM Pertamina tidak akan mengalami kenaikan hingga Juni 2024. Menurutnya, keputusan ini diambil agar tidak mengganggu aktivitas masyarakat dan menjaga stabilitas ekonomi.

“Kita masih menahan agar BBM tidak naik, terutama pada semester awal 2024 ini, supaya aktivitas masyarakat tidak terganggu,” ucapnya saat seremoni tajak sumur di lapangan Banyu Urip, Blok Cepu, Bojonegoro, Jumat (1/3/2024).

Berikut adalah rincian harga BBM non-subsidi Pertamina per 1 Mei 2024, khusus untuk Pulau Jawa:

  • Pertamax (RON 92): Rp 12.950 per liter
  • Pertamax Turbo (RON 98): Rp 14.400 per liter
  • Dexlite (CN 51): Rp 14.550 per liter
  • Pertamina Dex (CN 53): Rp 15.100 per liter
  • Pertamax Green 95 (RON 95): Rp 13.900 per liter

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini