Beranda Headline Lebaran Kurang 5 Hari, Masjid Gunungkidul Gelar Shalat Idul Fitri

Lebaran Kurang 5 Hari, Masjid Gunungkidul Gelar Shalat Idul Fitri

Kberita.com, Jakarta – Sebuah masjid di di Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta, telah melaksanakan shalat Idul Fitri pada Jumat (5/4/2024). Padahal lebaran diprediksikan akan jatuh pada 10 April 2024.

Masjid itu bernama Masjid Aolia yang terletak di di Panggang III, Giriharjo, Panggang, Gunungkidul. Ada ratusan jamaah yang ikut melaksanakan sholat Ied.

Seperti biasa, sholat mulai digear pada jam 06.00 WIB pagi. Gema takbir berkumandang seiring dengan ratusan jemaah berdatangan ke masjid.

Aparat pemerintah mulai dari polisi dan TNI ikut mengamankan proses jalannya sholat ied. Sejumlah organisasi kemasyarakatan pun ikut berjaga.

Shalat Id dipimpin oleh Imam Jemaah Masjid Aolia K H Ibnu Hajar Sholeh Pranolo atau akrab dipanggil Mbah Benu. Hingga saat ini shalat Id masih berlangsung.

Kepala Kantor Kemenag Gunungkidul Sya’ban Nuroni mengatakan, sudah mendengar informasi adanya shalat id oleh jamaah masjid aolia. Sebagai kantor milik semua agama, pihaknya akan memberikan pendekatan kepada jamaah masjid aolia.

“Ada sesuatu permasalahan, dalam agama Islam tentunya kita melakukan pendekatan kepada tokoh agama, agar pengamalan keyakinan, kemudian agar tidak menimbulkan permasalahan di tengah masyarakat,” kata Sya’ban.

Dia mengatakan, pendampingan akan memberikan edukasi kepada jamaah, untuk mengikuti organisasi keagamaan pada umumnya atau pemerintah.

Pihaknya sudah mendatangi beberapa kelompok Jamaah Masjid Aolia. “Kalau ini kan tidak lazim, kalau satu atau dua hari biasa (perbedaan penentuan hari raya), kalau ini kan lima hari tidak lazim,” kata dia.

Perlu diketahui, jamaah masjid aolia sering berbeda dengan pemerintah maupun organiasasi keagamaan Islam dalam penentuan hari besar.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini