Beranda lifestyle Kebiasaan yang Bisa Turunkan Risiko Kematian 39 Persen

Kebiasaan yang Bisa Turunkan Risiko Kematian 39 Persen

Kberita.com – Kebiasaan naik tangga bisa jadi hal yang sepele, namun siapa sangka bahwa hal ini ternyata memiliki manfaat besar bagi kesehatan. Sebuah penelitian yang dilakukan di Inggris menemukan fakta menarik bahwa naik tangga secara teratur mampu mengurangi risiko kematian akibat penyakit kardiovaskular hingga 39 persen.

“Jika ada pilihan naik tangga atau pakai lift, pilihlah tangga karena itu membantu jantung Anda,” beber dr. Sophie Paddock, penulis utama studi, seperti dinukil Medical News Today, Kamis, 2 Mei 2024.

Temuan ini menjadi sorotan utama dalam kongres ilmiah European Society of Cardiology (ESC) Preventive Cardiology 2024. Para ahli kesehatan menjelaskan bahwa kebiasaan naik tangga mampu meningkatkan fungsi jantung dan paru-paru, serta membakar kalori dan mengurangi lemak tubuh.

Paddock dan rekan-rekannya menemukan bahwa menaiki tangga memiliki manfaat yang signifikan bagi kesehatan. Dalam penelitian ini, para peneliti menggunakan metode meta-analisis terhadap 9 penelitian sebelumnya yang melibatkan lebih dari 480 ribu peserta dengan pembagian jenis kelamin yang cukup merata.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa peserta yang rajin menaiki tangga mengalami penurunan risiko kematian sebesar 24 persen selama masa penelitian dibanding mereka yang tidak naik tangga. Selain itu, peserta yang rajin naik tangga juga memiliki risiko lebih rendah untuk meninggal akibat penyakit kardiovaskular seperti serangan jantung, gagal jantung atau stroke, yakni sebesar 39 persen.

Manfaat tersebut didapat karena menaiki tangga menjadi salah satu bentuk olahraga ringan yang dapat membantu meningkatkan kesehatan jantung dan paru-paru, meningkatkan kekuatan otot dan tulang, serta membantu meningkatkan metabolisme tubuh. Selain itu, menaiki tangga juga merupakan cara yang efektif untuk membakar kalori dan membantu menurunkan berat badan.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini