Beranda Serba-Serbi Urusan Kebahagiaan, Indonesia Terperangkap sebagai Negara Medioker

Urusan Kebahagiaan, Indonesia Terperangkap sebagai Negara Medioker

Kberita.com, Jakarta – World Happiness Report melaporkan, pada tahun 2024 tingkat kebahagiaan Indonesia berada di urutan ke 80 dari 143 negara yang disurvey.

Sementara urutan kebahagiaan anak muda Indonesia berada di urutan 75 dari 143 negara, dan urutan ke 79 orang tua (di atas 60 tahun) yang bahagia dari 143 negara.

Dalam laporan tersebut, penyebab emosi negatif paling besar dipengaruhi oleh iklim kebebasan, lingkungan yang mendukung, serta negara bebas korupsi.

Hasil riset IDN Research Institute bersama Advisia berjudul Indonesia Gen Z Report 2024 pada Juli 2023, menunjukkan terdapat 59% responden gen Z mengaku tidak puas dengan demokrasi di Tanah Air. Diikuti oleh 15% responden yang sama sekali tidak puas.

Selain itu, hanya 1,7 persen gen Z yang mengaku sangat puas dengan demokrasi Indonesia.

Hal ini semakin menemui pembenarannya melalui pemaparan hasil survey pasca pemilu yang digelar oleh Lembaga Survey Indonesia (LSI).

Pada riset tersebut, hanya 17,6 persen saja masyarakat yang percaya dengan pemilu 2024 berjalan secara jujur, adil, dan bersih.

Dalam persoalan ekonomi, Laporan World Happiness Report menjadi penanda bahwa Indonesia masih menjadi negara medioker. Meskipun Produk Domestik Bruto (PDB) naik di atas 5%, namun hal tersebut tak dapat dinikmati secara merata.

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini