Beranda Terkini Ini 7 Nutrisi untuk Meningkatkan Kesehatan di Bulan Ramadhan

Ini 7 Nutrisi untuk Meningkatkan Kesehatan di Bulan Ramadhan

Kberita.com – Selama menjalani puasa di bulan Ramadhan, selain makanan saat berbuka kita juga harus memperhatikan makanan yang dikonsumsi saat sahur. Tidak disarankan melewatkan waktu sahur agar tubuh tetap berenergi tidak mengkonsumsi mie instan, minum air putih untuk mencukupi kebutuhan cairan tubuh, hindari minuman yang bersifat diuretic seperti soda dan kopi, hindari makanan dengan kandungan garam yang tinggi karena mengakibatkan cepat haus. Lebih diutamakan konsumsi karbohidrat komplek yang kaya serat (serealia, biji-bijian ) untuk membantu memperpanjang rasa kenyang, konsumsi protein, sayur dan buah.

Berikut rekomendasi nutrisi sehat selama bulan Ramadhan:

1. Diet Mediterania sangat baik untuk Anda

Penelitian selama puluhan tahun mendukung pola makan Mediterania – yang berpusat pada buah-buahan dan sayuran, biji-bijian, kacang-kacangan, minyak zaitun, kacang-kacangan, bumbu dan rempah-rempah – sebagai salah satu cara makan paling sehat. Manfaatnya bagi kesehatan jantung sangat banyak, dan telah dikaitkan dengan penurunan risiko diabetes tipe 2, penurunan kognitif, dan jenis kanker tertentu.

2. Boleh minum kopi saat perut kosong

Beberapa orang mungkin mengalami sakit maag, namun menurut penelitian para ahli, tidak ada bukti bahwa minum kopi saat perut kosong dapat merusak lapisan lambung atau membahayakan sistem pencernaan Anda. Minum kopi dikaitkan dengan umur yang lebih panjang dan penurunan risiko penyakit jantung dan diabetes tipe 2.

3. Mulailah hari Anda dengan sarapan yang sehat

Pagi hari bisa jadi sangat sibuk, dan Anda mungkin tergoda untuk makan muffin sebentar atau melewatkan sarapan sama sekali. Namun para ahli nutrisi mengatakan makan pagi sebaiknya diprioritaskan – terutama jika makanan tersebut mengandung campuran protein, serat, dan lemak sehat yang seimbang. Ini akan mengisi hari Anda, dan penelitian menemukan bahwa mereka yang sarapan cenderung menikmati berbagai manfaat kesehatan, termasuk risiko lebih rendah terkena penyakit kardiovaskular, diabetes tipe 2, dan obesitas.

4. Jagalah usus Anda dengan baik

Menjaga sistem pencernaan Anda tetap sehat dan berjalan lancar dapat melindungi Anda dari ketidaknyamanan hidup – seperti mulas, kembung, dan sembelit – serta meningkatkan kesehatan secara keseluruhan. Tidak mengherankan, cara terbaik untuk merawat usus Anda adalah dengan memberi makan diri Anda sendiri (dan juga mikroba usus Anda) dengan baik, dengan memprioritaskan serat dan mengonsumsi berbagai makanan nabati dan fermentasi.

5. Kurangi konsumsi coklat hitam

Cokelat hitam memiliki kadar timbal dan kadmium (logam berat yang dapat membahayakan tubuh) yang paling tinggi jika dibandingkan dengan makanan lain. Untungnya, Anda tidak harus menghentikan sepenuhnya kebiasaan mengonsumsi cokelat hitam. Menikmatinya dalam jumlah sedang – tidak lebih dari satu ons per hari, menurut para ahli – akan menjaga risiko Anda tetap rendah.

6. Mencampur buah dan sayur tidak akan merusak nutrisinya

Memurnikan buah-buahan dan sayuran dalam blender tidak akan menghilangkan vitamin, mineral, atau seratnya . Dan, yang agak mengejutkan, beberapa penelitian kecil menunjukkan bahwa meminum buah dalam bentuk campuran tidak akan meningkatkan gula darah Anda lebih besar dibandingkan saat Anda memakannya utuh. Jadi silakan — nikmati smoothie Anda. Dan lihat tips kami untuk menjadikan makanan Anda lebih bergizi.

7. Tahu juga baik untukmu

Dalam beberapa dekade terakhir, masyarakat khawatir bahwa tahu dan makanan berbahan kedelai lainnya mungkin terkait dengan kanker atau masalah kesuburan karena mengandung senyawa mirip estrogen. Namun penelitian telah menghilangkan ketakutan tersebut , kata para ilmuwan. Faktanya, penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi makanan berbahan dasar kedelai dapat mengurangi risiko penyakit jantung dan bahkan beberapa jenis kanker.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini