Beranda Terkini Apa 10 Tips Pola Hidup Sehat?

Apa 10 Tips Pola Hidup Sehat?

Kberita.com – Menjadikan kebiasaan sehat sebagai bagian dari kehidupan sehari-hari berarti Anda cenderung tidak terkena penyakit, baik itu diabetes, penyakit jantung, atau bahkan kanker . Namun menjalani pola hidup sehat memerlukan usaha yang terus-menerus dan konsisten.

Berikut 10 tips gaya hidup sehat:

1. Makan makanan yang seimbang

  • Tambahkan variasi pada makanan Anda.

Makanlah berbagai makanan yang meliputi buah-buahan, sayur-sayuran, kacang-kacangan, dan biji-bijian. Usahakan untuk mengonsumsi setidaknya 5 porsi (400 gram) buah dan sayuran setiap hari, terutama yang segar dan musiman. Jika Anda bukan vegetarian, sertakan ikan berlemak dalam makanan Anda, karena asam lemak omega-3 dapat membantu mencegah penyakit inflamasi seperti penyakit jantung .

  • Kurangi garam.

Konsumsi garam harian Anda tidak boleh melebihi 1 gram (atau 1 sendok teh). Tambahkan lebih sedikit garam saat menyiapkan makanan, batasi jumlah natrium tinggibumbu seperti kecap yang Anda tambahkan ke makanan Anda, dan hindari camilan asin. Mengurangi jumlah natrium dalam makanan Anda mengurangi risiko tekanan darah tinggi .

  • Batasi komsumsi gula.

Batasi asupan gula hingga 50 gram atau sekitar 12 sendok teh sehari. Anda bisa mencapainya dengan menghindari camilan, permen, dan minuman manis, seperti jus buah dan soda. Mengurangi asupan gula mengurangi kemungkinan Anda terkena penyakit seperti diabetes, penyakit jantung, stroke, dan beberapa jenis kanker.

  • Hindari lemak tidak sehat.

Lemak seharusnya hanya menyumbang 30% dari total asupan energi Anda. Pilihlah lemak tak jenuh, seperti minyak zaitun, ikan, kacang-kacangan, biji-bijian, dan alpukat. Hindari lemak jenuh, seperti daging merah, mentega, dan keju, serta lemak trans, seperti makanan yang dipanggang dan makanan siap saji yang dikemas sebelumnya.

2. Tetap terhidrasi dengan baik

Ingatlah untuk minum 8 gelas air sehari. Tubuh Anda terdiri dari 80% air, dan air diperlukan untuk fungsi usus yang teratur, kinerja otot yang optimal, serta kesehatan kekebalan dan kulit. Kurang minum air putih dapat menyebabkan dehidrasi, kelelahan , sakit kepala, kulit kering, dan melemahnya kekebalan tubuh.

3. Berolahraga secara teratur

Usahakan untuk berolahraga minimal 150 menit dalam seminggu atau berolahraga 30 menit minimal 5 hari dalam seminggu. Baik itu jalan kaki, joging, berenang, atau melakukan olahraga Pilates di rumah, tujuannya adalah untuk tetap aktif secara fisik. Latihantidak hanya membantu Anda menjaga berat badan yang sehat, namun juga menurunkan risiko terkena penyakit akibat gaya hidup yang tidak banyak bergerak.

4. Tidur yang cukup dan nyenyak

Ada hubungan kuat antara tidur dan sistem kekebalan tubuh. Tidur tujuh hingga sembilan jammenyembuhkan dan memperkuat tubuh Anda saat Anda tidur. Tidur yang baik sangat penting untuk kesehatan fisik dan mental Anda .

5. Batasi asupan alkohol

Minum alkohol secara berlebihan dapat menyebabkan penyakit liver bahkan kanker hati dalam jangka panjang. Penyalahgunaan alkohol juga dapat menyebabkan gangguan penilaian dan bahkan menyebabkan kecelakaan dan cedera.

Pria sebaiknya membatasi minuman beralkohol hingga 2 gelas sehari, sedangkan wanita sebaiknya membatasi minuman beralkohol hingga 1 gelas sehari.

6. Jangan merokok

Merokok adalah penyebab utama kanker paru-paru di seluruh dunia. Selain kanker paru-paru, merokokberkontribusi terhadap perkembangan kanker organ lainnya juga. Itu juga meningkatkan yrisiko kita terkena penyakit jantung.

Selain berbahaya pada kesehatan Anda sendiri, merokok juga berbahaya bagi orang-orang di sekitar Anda. Perokok pasif merusak saluran udara dan paru-paru dan juga merupakan penyebab utama penyakit paru obstruktif kronik (PPOK ).

7. Lindungi diri Anda dari sinar matahari

Paparan sinar matahari yang sering dan jangka panjang dikaitkan dengan risiko kanker kulit yang lebih besar . Hindari berada di bawah sinar matahari terlalu lama, dan pastikan untuk melindungi diri dari sinar matahari dengan tabir surya dan pakaian lengan panjang saat beraktivitas di luar ruangan.

8. Cuci tangan Anda

Sering mencuci tangan dengan sabun dan air atau menggunakan pembersih berbahan dasar alkohol adalah cara sederhana namun efektif untuk menghentikan penyebaran infeksi. Ingatlah selalu untuk mengikuti praktik ini sebelum membuat atau memakan makanan, setelah menangani produk limbah, setelah menggunakan kamar mandi, dan saat merawat orang yang sakit.

9. Kelola stres Anda

Stres diketahui menjadi pemicu banyak penyakit mulai dari migrain hingga masalah jantung. Temukan cara untuk menghilangkan stres, misalnya dengan menonton film lucu, melukis, berjalan-jalan, bekerja di taman, mendengarkan musik, atau berendam busa di bak mandi.

Cara lain yang efektif untuk menghilangkan pikiran negatif adalah dengan berbicara dengan teman dan anggota keluarga Anda. Berbagi perasaan dengan orang yang Anda percayai dapat meredakan stres dengan segera dan membantu Anda melepaskan ketegangan.

10. Praktikkan seks yang aman

Menjaga kesehatan seksual Anda penting untuk kesehatan Anda secara keseluruhan. Praktekkan seks yang aman dengan menggunakan kondom untuk mencegah HIV dan infeksi menular seksual lainnya, seperti gonore dan sifilis.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini