Beranda Terkini Doa untuk Orang Sakit agar Cepat Sembuh dan Penjelasan Adabnya

Doa untuk Orang Sakit agar Cepat Sembuh dan Penjelasan Adabnya

Kberita.com – Dalam kehidupan ini, kita sebagai manusia tidak hanya dapat merasakan Nikmat sehat, kadang kita juga diberikan sakit. Sehat dan sakit merupakan suatu bentuk cobaan yang Allah SWT berikan bagi hambanya. Sudah seharusnya kita untuk selalu bersabar jika diberikan cobaan berupa sakit.

Saat sakit, selain berusaha berobat medis, memanjatkan doa kepada Allah SWT sebaiknya dilakukan supaya kesembuhan segera menghampiri. Doa untuk orang sakit dan adab dalam menjenguk orang yang sakit dijabarkan di artikel ini
Seperti yang kita tahu, ada banyak doa yang diajarkan untuk mendoakan orang yang sedang sakitMulai dari doa untuk keluarga yang sakit, doa yang dibaca oleh Nabi Muhammad Saw, hingga doa Nabi Ayub a.s. untuk meminta kesembuhan diri.

Berikut macam-macam doa dan penjelasan lengkap mengenai adab menjenguk orang sakit.

Doa untuk Keluarga yang Sakit

Doa untuk orang sakit yang pertama adalah doa untuk keluarga yang sedang tertimpa suatu penyakit.

Kita bisa memanjatkan doa ini saat sedang menjenguknya atau berdoa secara diam-diam, yakni maksudnya berdoa setelah salat untuk meminta kesembuhan bagi keluarga yang sedang sakit.Ini dia doanya.اللَّهُمَّ رَبَّ النَّاسِ أَذْهِبِ الْبَأْسَ اشْفِ أَنْتَ الشَّافِي لَا شَافِيَ إلَّا أَنْتَ شِفَاءً لَا يُغَادِرُ سَقْمًا Allāhumma rabban nāsi, adzhibil ba’sa. Isyfi. Antas syāfi. Lā syāfiya illā anta syifā’an lā yughādiru saqaman.

Artinya:“Tuhanku, Tuhan manusia, hilangkanlah penyakit. Berikanlah kesembuhan karena Kau adalah penyembuh. Tiada yang dapat menyembuhkan penyakit kecuali Kau dengan kesembuhan yang tidak menyisakan rasa nyeri.”

Doa di Hadapan Orang yang Sakit

Apabila tadi ada doa untuk keluarga yang sakit, ini adalah doa untuk kerabat atau teman yang sakit. Berikut doa untuk orang sakit.أَسْأَلُ اللهَ العَظِيْمَ رَبَ العَرْشِ العَظِيْمِ أَنْ يَشْفِيَكَAs’alullāhal azhīma rabbal ‘arsyil ‘azhīmi an yassfiyaka.

Artinya:“Aku memohon kepada Allah yang agung, Tuhan arasy yang megah agar menyembuhkanmu.”

Doa Nabi Ayub a.s.

Seperti yang kita tahu, Nabi Ayub a.s. sempat terkena penyakit kulit selama bertahun-tahun. Nabi Ayub a.s. pun berdoa kepada Allah Swt untuk meminta kesembuhan untuk dirinya.

Doanya tersebut pun menjadi doa yang dipanjatkan banyak orang ketika minta kesembuhan. Berikut doanya.رَبِّ أَنِّى مَسَّنِيَ الضُّرُّ وَأَنْتَ أَرْحَمُ الرَّاحِمِيْنَ”Robbi annii massaniyadh dhurru wa anta arhamar roohimiin.”Baca juga : Perubahan Kebiasaan Minum Obat Bisa Picu Penyakit Makin KritisArtinya:”(Ya Tuhanku), sungguh, aku telah ditimpa penyakit, padahal Engkau Tuhan Yang Maha Penyayang dari semua yang penyayang.”

Doa untuk Orang Sakit dalam Meminta Kesembuhan

Doa ini merupakan salah satu doa meminta kesembuhan yang dibaca Rasulullah Saw untuk keluarganya sebagaimana diriwayatkan dalam Bukhari dan Muslim dari Aisyah r.a.

اللَّهُمَّ رَبَّ النَّاسِ أَذْهِبِ الْبَأْسَ اشْفِ أَنْتَ الشَّافِي لَا شَافِيَ إلَّا أَنْتَ شِفَاءً لَا يُغَادِرُ سَقْمًا Allāhumma rabban nāsi, adzhibil ba’sa. Isyfi. Antas syāfi. Lā syāfiya illā anta syifā’an lā yughādiru saqaman.

Artinya:“Tuhanku, Tuhan manusia, hilangkanlah penyakit. Berikanlah kesembuhan karena Kau adalah penyembuh. Tiada yang dapat menyembuhkan penyakit kecuali Kau dengan kesembuhan yang tidak menyisakan rasa nyeri.”

Doa Meminta Pengampunan Dosa

Dalam riwayat yang lain, Nabi Muhammad Saw membacakan doa untuk sahabatnya yang sedang sakit, Salman Al-Farisi r.a. Rasulullah Saw membaca doa untuk meminta kesembuhan serta meminta pengampunan dosa. Ini dia doa untuk orang sakit.شَفَى اللهُ سَقَمَكَ، وَغَفَرَ ذَنْبَكَ، وَعَافَاكَ فِي دِيْنِكَ وَجِسْمِكَ إِلَى مُدَّةِ أَجَلِكَ Syafākallāhu saqamaka, wa ghafara dzanbaka, wa ‘āfāka fī dīnika wa jismika ilā muddati ajalika.Artinya:“Wahai (sebut nama orang yang sakit), semoga Allah menyembuhkanmu, mengampuni dosamu, dan mengafiatkanmu dalam hal agama serta fisikmu sepanjang usia.”

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini