Mengenal Perbedaan Haji Reguler, ONH Plus dan Furoda

, ,
Mengenal Perbedaan Haji Reguler, ONH Plus dan Furoda

Kberita.com, Jakarta – Ibadah haji merupakan rukun Islam yang kelima. Ibadah haji dilakukan setahun sekali di Bulan Dzulhijjah di Kota Mekkah, Arab Saudi.

Ibadah haji wajib dilakukan oleh semua orang Islam yang mampu. Baik itu mampu dari sisi finansial, maupun dari sisi fisik.

Setiap tahunnya Indonesia mendapatkan kuota haji dari Pemerintah Kerajaan Aran Saudi. Namun sayang jumlah kuota yang diberikan jauh lebih kecil dibanding umat Islam yang ingin melakukan ibadah haji. Akibatnya, antrean panjang bertahun-tahun bahkan puluhan tahun terjadi di Indonesia.

Di Indonesia, ada tiga jenis program pemberangkatan haji. Masing-masing biayanya berbeda. Semakin murah biaya pergi haji, maka semakin lama antrean yang harus dihadapi.

Tiga jenis program tersebut adalah program haji reguler, ONH Plus, serta haji furoda.

Berikut penjelasan dari ketiga program pemberangkatan haji tersebut.

1. Haji Reguler

Jika umat Islam memilih program ini, mereka harus bersabar menunggu antrean. Haji reguler diatur berdasarkan kuota yang ditetapkan pemerintah melalui Kemenag. Umumnya, antrean haji reguler berkisar 30 tahun lebih tergantung provinsi di Indonesia.

2. Haji Khusus (ONH Plus)

Selanjutnya ada haji khusus atau yang dikenal dengan ONH Plus. Paket haji ini juga diatur berdasarkan kuota pemerintah melalui Kemenag. Namun, biayanya lebih mahal dari haji reguler. Meski begitu, antrean haji plus lebih cepat dengan waktu berkisar 5-9 tahun.

3. Haji Mujamalah/Furoda

Terakhir ada haji mujamalah atau yang disebut haji furoda. Ini merupakan paket haji yang diatur dalam UU No. 8 tahun 2019 tentang penyelenggaraan Ibadah Haji dan Umroh.

Pada aturan tersebut tertuang bahwa haji mujamalah atau dikenal dengan haji furoda adalah program haji yang mendapat kuota khusus dari pemerintah Arab Saudi, legal dan resmi berdasarkan hukum tersebut. Peserta haji furoda akan langsung berangkat tanpa perlu antre.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *