Beranda Islami 5 Ciri Muslim Mendapatkan Lailatul Qadar, Kamu Sudah Dapat?

5 Ciri Muslim Mendapatkan Lailatul Qadar, Kamu Sudah Dapat?

5 Ciri-ciri Umat Muslim Mendapatkan Lailatul Qadar
5 Ciri-ciri Umat Muslim Mendapatkan Lailatul Qadar

Kberita.com, Jakarta – Malam lailatul Qadar merupakan malam yang disebutkan dalam Al-Quran. Malam itu hadir di 10 terakhir bulan Ramadhan.

Semua muslim menginginkan untuk mendapatkan malam setara seribu bulan tersebut. Siapapun yang mendapatkannya akan mendapatkan limpahan pahala yang sangat banyak.

Satu ibadah yang dilakukan di Lailatul Qadar akan dilipatgandakan hingga seribu tahun atau 83,3 tahun.

Tidak heran pahala yang besar ini membuat umat muslim setiap tahunnya di bulan Ramadan berlomba-lomba untuk mendapatkan kesempatan menemui malam Lailatul Qadar.

Walaupun tak ada yang mengetahui dengan pasti kapan malam Lailatul Qadar itu muncul, namun sabda Nabi Muhammad SAW menyarankan umatnya untuk mencari Lailatul Qadar di sepuluh malam akhir Ramadan.

Beberapa riwayat hadis menyatakan ciri-ciri malam Lailatul Qadar dapat dikenali dari malam yang terang, dan ketika pagi hari matahari muncul dengan warna putih tanpa cahaya yang terlalu silau.

Walaupun tidak pasti kapan kedatangannya, tetap menjadi harapan bagi setiap muslim untuk meraih malam Lailatul Qadar. Pasalnya, malam ini dipercaya sebagai malam yang lebih baik dari seribu bulan.

Lantas, apa tanda-tanda orang yang bisa mendapatkan malam Lailatul Qadar? Berikut beberapa ulasannya:

5 Ciri-ciri Orang yang Mendapatkan Lailatul Qadar

1. Bertambahnya kebaikan

Kebaikan yang dimaksud adalah kebaikan yang menyeluruh baik dari perkataan, sikap, hingga perbuatan.

2. Merasakan adanya ketenangan

Dalam hal ini, mayoritas ualama menafsirkan ketenangan atau kedamaian yang dimaksud sifatnya berkelanjutan sebagaimana tertuang dalam ayat terakhir surah Al-Qadar.

3. Meningkatnya ketaqwaan

Seorang yang mendapatkan Lailatul Qadar akan semakin taqwa dan tunduk atas perintah-perintah Allah SWT dan semakin khusyuk beribadah.

4. Menjadi pribadi yang lebih baik

Seseorang yang mendapatkan laitaul qadar akan menjadi pribadi yang lebih baik dalam hubungannya dengan Allah SWT dan dengan sesama manusia. Perbaikan itu juga terlihat dari semakin giatnya beribadah kepada Allah SWT

5. Doa-doanya terkabulkan

Seseorang yang mendapatkan malam Lailatul Qadar Insya Allah doa-doanya akan dikabulkan.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini