Wapres AS Minta Israel Segera Lakukan “Gencatan Senjata”

Wakil Presiden Amerika Serikat Kamala Harris meminta Israel untuk segera melakukan “gencatan senjata” di Gaza. Mengingat kondisi masyarakat Gaza yang semakin mengkhawatirkan akibat serangan sekaligus blokade bantuan kemanusiaan atas warga Gaza.

“Mengingat besarnya skala penderitaan di Gaza, harus ada gencatan senjata segera setidaknya selama enam minggu ke depan, dan itulah yang saat ini sedang dibahas,” kata Harris pada hari Minggu dikutip dari Aljazeera.

Harris berharap, gencatan senjata dapat membuat warga yang terjebak di Gaza dapat segera mengakses bantuan kemanusiaan.

“Warga Gaza menderita kelaparan. Kondisinya tidak manusiawi dan pandangan umum kemanusiaan memaksa kita untuk segera bertindak,” tutur Harris.

Harris juga menyinggung insiden Kamis yang menyebabkan ratusan warga Palestina terbunuh saat hendak mengakses bantuan di Gaza. Ia mengatakan terlalu banyak warga tak berdosa yang gugur.

“Hati kami hancur mengingat korban tragedi mengerikan tersebut,” katanya.

Minta Hamas Setujui Persyaratan Gencatan Senjata

Selain itu, Harris juga meminta agar Hamas menyetujui persyaratan gencatan senjata, dan mengklaim publik Israel telah menyetujui proposal gencatan senjata yang dibuat oleh pemerintah AS.

“Hamas harus menyetujui kesepakatan itu,” katanya. “Mari kita lakukan gencatan senjata. Mari kita satukan kembali para sandera dengan keluarga mereka. Dan mari kita berikan bantuan segera kepada masyarakat Gaza.”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *