Fenomena Super New Moon, BMKG Petakan Potensi Bencana

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika mengungkapkan bahwa sejumlah wilayah di Indonesia masih akan mengalami potensi hujan lebat dalam sepekan ke depan, terhitung sejak tanggal 13 hingga 19 Maret 2024.

“Berdasarkan analisis cuaca terkini serta dengan mengamati perkembangan kondisi cuaca, BMKG mengidentifikasi masih adanya potensi peningkatan curah hujan di beberapa wilayah dalam beberapa hari kedepan secara signifikan,” ujar Kepala Pusat Meteorologi Publik BMKG Andri Ramdhani, Rabu, 13 Maret 2024.

Andri menyampaikan, wilayah yang berpotensi mengalami hujan sedang hingga lebat antara lain, wilayah Sumatera Utara, Sumatera Barat, Jambi, Sumatera Selatan, Lampung, seluruh provinsi di Pulau Jawa, Kalimantan, sebagian Sulawesi, Maluku bagian Selatan, dan Papua.

Pihaknya juga mengungkapkan, beberapa wilayah di Indonesia juga berpotensi mengalami banjir Rob akibat fenomena Super New Moon. Fenomena ini merupakan hadirnya fase bulan baru yang bersamaan dengan Perigee atau jarak terdekat bulan ke bumi.

Sementara itu, masyarakat di pesisir selatan Indonesia baik di pulau Jawa, Bali, NTB, dan NTT memiliki potensi gelombang tinggi dan banjir pesisir yang diakibatkan oleh gelombang alun atau swell dari bibit siklon tropis.

BMKG menghimbau masyarakat agar tetap tenang dan menjaga kewaspadaan, serta selalu memantau informasi dari pemerintah setempat untuk mengetahui informasi terkait bencana banjir dan protokol evakuasinya.

“Selain itu mengenali potensi bencana di lingkungannya dan mulai memahami cara mengurangi risiko bencana tersebut, misalnya dengan tidak membuang sampah sembarangan, bergotong-royong menjaga kebersihan dan menata lingkungan sekitarnya,” pungkas Andri.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *